Langsung ke konten utama

HONDA MOBILIO MENGGUNAKAN TRANSMISI OTOMATIS CVT

Honda Mobilio Bandung, Seperti yang sudah kita ketahui bersama, jumlah kendaraan roda 4 terus bertambah dengan pesatnya, bahkan kadang dianggap sudah melebihi kapasitas jalan raya, sehingga menyebabkan macet disetiap jalan di kota-kota besar di Indonesia. Bagi pengguna kendaraan roda 4  hal ini tentunya akan menimbulkan berbagai masalah, terutama ketika mengalami keadaan jalan yang terpaksa harus berjalan dengan pelan atau merayap. Mereke harus sering menggerakan kaki kiri, untuk menginjak kopling agar kendaraan tidak tersendat-sendat dan mati mesinnya. Hal ini akan bertambah berat jika macet / jalan merayap terjadi berjam-jam, kaki akan terasa pegal, bahkan kadang-kadang menimbulkan nyeri disekitar lutut. Hal ini tidak hanya terjadi pada pengendara mobil pria, wanita pun akan mengalami hal yang sama bahkan akan lebih parah lagi. Untuk itu, para produsen kendaraan menciptakan inovasi dalam bidang transmisi dengan diciptakan transmisi otomatis yang akan memudahkan dalam menjalankan kendaraan.

TRANSMISI CVT

Salah satu perkembangan teknologi transmisi Otomatis adalah perubahan transmisi otomatis gear box ke jenis transmisi  Continues Variable Transmision ( CVT ).  Transmisi Continous Variable Transmission (CVT) adalah sistem transmisi yang tidak memiliki gigi perseneling seperti pada mobil bertransmisi manual ataupun mobil bertransmisi matik konvensional. Jadi untuk posisi gigi 1,2,3,4 tetap pada gigi satu jadi tidak perlu mengoper tuas perseneling. Untuk penggantinya digunakan dua puli yakni puli penggerak dan puli yang digerakkan, kedua puli tersebut  dihubungkan dengan belt (sabuk dari serat baja).

Puli penggerak tersebut bisa menyesuaikan kecepatan yang dibutuhkan mobil, jadi bisa cepat bisa juga lebih lambat secara otomatis. Jika RPM mesin naik maka kecepatan akan disesuaikan dengan otomatis. Awalnya, puli yang menggerakkan rasionya lebih kecil namun lama-lama menjadi besar sesuai dengan kebutuhan kecepatan mobil. Sedangkan puli yang diputar (digerakkan), tadinya besar lama-lama jadi kecil.

Cara kerja tranmisi CVT ini cukup halus, selain tidak ada hentakan akibat proses perpindahan gigi juga karena pergerakan transmisinya menggunakan belt. Namun untuk akselerasinya, mobil bertransmisi CVT tidak sebaik mobil bertransmisi matik konvensional dan manual.

Kelebihan transmisi CVT adalah lebih mudah dikendarai karena tinggal bermain gas dan rem saja , akselerasinya lebih lembut tanpa ada hentakan perpeindahan gigi perseneling, mempunyai engine brake yang cukup kuat sehingga jika melewati turunan kerja rem tidak terlalu berat jika dibandingkan mobil matik konvensional, lebih irit bahan bakar karena penggunaan rpm mesin relative stabil tidak naik turun seperti mobil manual dan matik yang selalu menaik turunkan rpm mesin untuk perpindahan gigi perseneling.

Benefitnya selain itu adalah konsumi bahan bakar yang lebih irit. Alasannya adalah setiap perpindahan transmisi otomatis maka angka rpm akan drop beberapa saat. Gejala ini yang buat mesin membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk menyesuaikan akselerasi, sedangkan di CVT turunnya rpm tidak banyak dan cenderung tidak ada, maka hasilnya lebih irit.

HONDA MOBILIO MENGGUNAKAN TRANSMISI AUTOMATIS CVT

Salah satu kelebihan yang ada pada Honda Mobilio tipe matic adalah dengan menggunakan transmisi CVT yang seperti dijelaskan diatas memiliki kelebihan dimana akselerasi kendaraan lebih smooth dan halus bebas hentakan, sehingga memberikan rasa nyaman bagi pengendara dan penumpang Honda Mobilio, selain dari itu, kelebihan lainnya adalah mesin akan semakin irit penggunaan bahan bakar.


HARGA HONDA MOBILIO BANDUNG

HONDA MOBILIO  S MT RP. 165.500.000,-
HONDA MOBILIO  E MT RP. 185.000.000,-
HONDA MOBILIO  E CVT RP. 195.500.000,-
HONDA MOBILIO  E CVT RP. 204.000.000,-  ( TIPE PRESTIGE )


INFORMASI LEBIH LANJUT HUBUNGI  WAHYUDI : 081214519555 / 081910555517



Postingan populer dari blog ini

Vehicle Stability Assist (VSA)

Vehicle Stability Assist (VSA) merupakan teknologi keselamatan yang secara khusus didesain untuk menstabilkan manuver kendaraan bahkan di saat roda kemudi diputar secara mendadak. Untuk dapat memberikan kontrol yang menyeluruh, VSA bekerja secara harmonis dengan ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), BA (Braking Assist) dan juga TCS (Traction Control System). VSA dapat bekerja melalui tiga kondisi yang biasa terjadi pada saat berkendara, yaitu: 1. Over-steering control Komputer memperhitungkan dan membandingkan antara arah mobil yang diinginkan oleh pengemudi ketika memasuki tikungan atau melakukan manuver menikung dan arah aktual mobil. Jika mobil menikung melebihi keinginan pengemudi, ban sebelah luar (outer tires) diperlambat untuk menghindari excess turn. 2.Under-steering control Komputer memperhitungkan dan membandingkan antara arah mobil yang diinginkan driver ketika menikung dan arah aktual mobil. Jika mobil menikung kurang dari keinginan...

Honda Fit Raih Best Value Small Car 2012 Versi Consumer Reports di Amerika Serikat

Honda Fit atau yang di Indonesia dikenal dengan nama Honda Jazz kembali memperoleh predikat sebagai "Best Value Small Car 2012" dari Consumer Reports di Amerika Serikat. Honda Fit meraih nilai terbaik dari total 200 jenis kendaraan yang masuk dalam analisa yang dilakukan oleh Consumer Reports. Dasar pertimbangannya bukanlah dari harga jual kendaraan itu sendiri, namun dari nilai yang dapat diberikan dari mobil tersebut terhadap uang yang telah dikeluarkan untuk membeli mobil tersebut oleh konsumen. Selain dasar pertimbangan value itu sendiri, aspek lainnya yang masuk dalam penilaian adalah; performa, ketergantungan, serta biaya kepemilikan. Selain itu ada juga aspek penilaian lainnya seperti; tingkat konsumsi bahan bakar, asuransi, suku bunga cicilan, biaya perawatan / perbaikan, serta pajak kemilikan kendaraan selama 5 tahun. Mobil terbaik adalah mobil yang mampu menghadirkan value for money terbaik bagi konsumen yang membeli mobil tersebut. Selain itu, mobil tersebut juga h...

Honda adalah Brand Mobil yang Paling Sedikit Klaim Garansinya di Inggris

Menurut sebuah survei dari Lembaga Spesialis Garansi asal Inggris, MB & G; Honda adalah brand mobil yang paling sedikit klaim garansinya di Inggris. Survei tersebut didasarkan pada analogi bahwa pemilik mobil mengajukan klaim atas garansi atau jaminan kualitas produk merupakan sesuatu hal yang lazim atau biasa. Pasalnya, hampir semua produsen mobil telah menjadikan klaim tersebut sebagai bagian dari jaminan mutu produk. Terlebih, bila pemilik mobil baru tersebut hingga kurun waktu tertentu sama sekali atau jarang mengajukan klaim terhadap mobilnya tersebut, itu berarti suatu hal yang luar biasa. Hal ini berarti produk atau mobil yang bersangkutan memiliki kualitas (mutu) yang tinggi. Lembaga Spesialis Garansi asal Inggris, MB & G telah melakukan survei sepanjang tahun 2010 silam terhadap sejumlah brand mobil kendaraan yang ada di Inggris. Dari hasil survei yang dilakukan, Direktur MB & G memaparkan bahwa; "Mobil keluaran terbaru memang dapat diandalkan, namun mulai ter...